Menyambut ramadhan, apa yang sudah kita persiapkan?



Setelah melewati bulan rajab, kita akan memasukasi fase bulan yang menjadi sejarah penting bagi umat islam. Ramadhan namanya, dimana segala kebaikan dilipat gandakan dan ampunan-Nya dibuka seluas luasnya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala syariatkan bulan ini bukan untuk menyusahkan kita (hamba-hambaNya), bukan pula untuk memberatkan kita semua. Akan tetapi karena Allah ingin agar hati kita menjadi bersih kembali. Allah ingin dengan bulan Ramadhan, kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Allah ingin dengan bulan Ramadhan, kita ditempah dengan pendidikan yang luar biasa. Sehingga menjadi hamba-hambaNya yang bertakwa kepada Allah.

Dibulan ini, yang kita pertahankan hanya sebatas dari pertahanan diri untuk melawan rasa lelah - lapar dan dahaga. Tapi dibalik itu ada perkara yang lebih besar. Yaitu "mensucikan diri" jangan pernah menodai bulan ini dengan kejahatan, jadikan momen ini untuk bisa mensucikan diri agar lebih baik dibulan berikutnya sampai kita dipertemukan lagi dengan nya; Ramadhan.

Tapi, sebelum bersama menyambutnya. Harus ada yang kita persiapkan. Apa itu?
Mari simak berikutnya

1. Perbaiki amal : Dalam hal ini adalah shalat. Mulaj perbaiki waktu shalat kita, kalau yang biasanya sering menunda shalat maka biasakan untuk shalat diawal waktu. Agar ramadhan nanti kita sudah terbiasa

2. Buat target : hal ini, sebagai acuan semangat kita untuk lebih giat beribadah. Karena manusia mudah terpancing dengan hal - hal yang menantang maka buatlah target yang bisa memicu semangat itu. Bisa dengan khatam alquran, sedekah atau bahkan sunnah lainnya dijalankan

3. Meminta maaf dan memaafkan
Hal ini sangat lumrah dikehidupan, banyak yang bersalah tapi enggan meminta maaf. Banyak pula yang mengakui kesalahan tapi tidak kunjung dimaafkan. Untuknya mulai belajar memaafkan, karena kita tidak tau apa yang akan terjadi besok. Sampai atau tidak kepada bulan yang suci ini.

Gimana teman teman? Sudah mempersiapkan ketiga hal tersebut kan?

Marhaban ya ramadhan, selamat menyambut bulan puasa🌻

Komentar

Postingan Populer